style2
Kunjungan Industri di AUTO 2000 Kenjeran - Surabaya 2015

HASIL KEGIATAN

 

Program Studi Teknik Mesin Otomotif sesuai dengan Visi dan Misinya mempunyai komitmen untuk meningkatkan kualitasnya baik dari rekrutmen mahasiswa, organisasi kemahasiswaan,administrasi dan pelayanan program studi, kegiatan akademik, kurikulum, sumber daya manusia dan sistem manajemen prodi, sehingga yang menjadi harapan kita bersama prodi teknik Mesin Otomotif nantinya menjadi prodi yang handal dan terdepan. Dunia Industri merupakan referensi dari pendidikan di Indonesia, salah satu dari Industri yang sangat berpengaruh adalah industri dunia otomotif, penting sekali untuk bisa mengikuti perkembangan industri, ibarat mata air maka pendidikan vokasi harus bisa mengejar ketertinggalan teknologi. Untuk mengejar ketertinggalan teknologi maka prodi teknik mesin otomotif mengadakan studi ekskursi bagi mahasiswa mesin otomotif. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin tanggal 19 Oktober 2015, jumlah peserta yang mengikuti adalah 49 orang, terdiri dari 2 orang dosen pembimbing dan 47 mahasiswa.

 

 

Sebelumnya pihak dari Politeknik Negeri Madiun melalui dosen pendamping melakukan kunjungan koordinasi atau perijinan ke industri yang akan dikunjungi dalam hal ini adalah Auto 2000 Waru, Sidoarjo pada tanggal 13 Oktober 2015. Koordinasi harus dilakukan secara langsung karena sudah merupakan prosedur disana. Adapun yang dihubungi dalam hal ini adalah Bapak Andik Kurniawan selaku penanggungjawab untuk kegiatan dari eksternal semacam kunjungan industri ini.

 

 

Pada tanggal 19 Oktober rombongan dari prodi TMO di terima pihak Auto 2000 Kenjeran, Surabaya dengan uraian kegiatan:

           Rombongan secara resmi ditemui oleh bagian CSR Ibu Intan dan Bapak Lestari Bagian Trainer Body Repairdi Ruang Rapat Auto 2000 dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah. Pertemuan diawali dengan paparan Company Profile dari Ibu Intan selaku CSR mengenai sejarah pembuatan mobil TOYOTAsampai ekspansi pabrik perakitan mobil Toyota di beberapa negara termasuk Indonesia.

 

Selanjutnya rundown ke masing masing kegiatan adalah:

05:00-11:00

Mahasiswa berangkat dari kampus

 

11:00-12:00

ISHOMA

 

 

13:00-14:00

 

 

Pembukaan dan pemaparan company profile Auto 2000

 

 

14:00-16:00

 

 

 

 

Pembagian 2 (dua) kelompok dan dibimbing oleh trainer berkunjung ke bagian General Repair (meliputi: management, repair, dan sparepart) dan Body Repair (meliputi: stall persiapan permukaan sampai dengan polishing)

 

16:00-16:30

Penutupan Sekaligus Pemberian Cindera Mata

 

17:00-23:00

Peserta pulang dan kembali kampus

 

 

 

 

             Dalam kegiatan ini peserta mendapatkan gambaran mengenai suasana kerja dalam suatu perusahaan yang mana bekerja dengan penuh disiplin dan pencapaian target kerja. Pesan dari pihak management yang tak kalah pentingnya adalah tentang penerapan K3 dalam bekerja setiap waktunya, karena meskipun ada robot namun pengendalinya tetap manusia sehingga manusia disini merupakan faktor paling utama atau penentu. Gambaran-gambaran tersebut sangatlah penting sebagai bekal seorang mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja nantinya. Bagi pihak akademika yang bersifat vokasi sudah saatnya untuk sedari dini menanamkan kebiasaan berperilaku aman kepada mahasiswa dalam praktek bengkel dengan mempersiapkan alat pelindung diri yang sesuai.