style2
Kunjungan Industri di PT. Indonesia Power UPJP Bali 2016

Kunjungan industri berikutnya adalahPT. Indonesia Power UPJP Bali. Rombongan mahasiswa tiba di Bali hari selasa tanggal 19 juli 2016, rombongan kemudian beristirahat di Hotel Marscity untuk menunggu jadwal kunjungan industri yang berdasarkan surat konfirmasi kunjungan industri dilaksanakan pada hari kamis tanggal 21 juli 2016 tepat pukul 09.00 WITA. Hari kamis pagi pukul 07.30 WIT tanggal 21 juli 2016 rombongan mahasiswa bersiap untuk memulai keberangkatan dari Hotel Marscity dan melakukan kunjungan industry di PT. Sinar sosro. Tepat pukul 09.00 rombongan disambut oleh pihak manajement PT. Indonesia Power UPJP Bali.

 

Kunjungan Industri di PT. Indonesia Power UPJP Bali di Denpasar Bali dimulai pada pukul 09.00 WITA. Saat tiba di lokasi pembangkit, peserta diarahkan menuju ruang hall untuk penyampaian penjelasan singkat tentang perusahaan dan kelistrikan yang ada di Bali. Secara umum listrik di bali disuplai oleh 4 pembangkit di Bali dan jalur bawah laut dari pulau Jawa. Saat ini jika pembangkit beroperasi semua listrik di Bali masih kelebihan sekitar 300 MW. Khusus untuk pembangkit di Pesanggaran yang menjadi tujuan kunjungan industri merupakan pembangkit listrik tenaga diesel dan gas (PLTD/G). Pembangkit ini merupakan pioneer pembangkit listrik dengan menggunakan Gas.

 

Dalam pembangkit tersebut pada dasarnya adalah mesin diesel yang menggerakkan generator. Seiring dengan peningkatan teknologi dan untuk meningkatkan efisiensi serta mengurangi gas buang, PT. Indonesia Power UPJP Bali menggunakan gas sebagai bahan bakarnya. Bahan bakar disuplai dari pelabuhan melalui pipa gas. Setiap sambungan pipa gas telah dilengkapi dengan sensor untuk memantau jika terjadi kebocoran. Setelah menerima penjelasan dari engineer dan humas dilanjutkan dengan kunjungan ke plant. Di plant dijelaskan tentang fungsi dari beberapa bagian pembangkit mulai dari mesin, tangki bahan bakar, trafo dan saluran distribusi. Pada ruang kontrol dijelaskan tentang bagian-bagian pengendali yang sebagian besar dikendalikan dan dimonitor melalui komputer.

 

 

Pukul 14.00 WITA acara kunjungan industri selesai kemudian rombongan melanjutkan perjalanan untuk pulang ke madiun.