Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Silabus Program Studi D3 Mesin Otomotif


No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 MO19101 Matematika Terapan -
2 MO19102 Fisika Teknik Mahasiswa mengetahui tentang satuan, pengukuran, gerak, hukum newton, kerja, impuls dan momentum.
3 MO19106 Teknologi Bahan Mahasiswa memahami jenis bahan, sifat mekanik dan cara pengujian dari macam-macam bahan teknik. Mahasiswa memahami Memahami sifat fisis, kimiawi dan mekanis suatu logam dan paduannya, sehingga mampu memilih dalam rancang bangun.
4 MO19107 Teknologi Proses Produksi Mahasiswa mengetahui tentang kerja bangku dan perkakas tangan, pengenalan alat ukur dimensi, kerja plat, mesin gerinda, mesin bubut, mesin skrap, mesin frais, dan alat-alat potong.
5 MO19108 Menggambar Teknik Mahasiswa mampu menggambar teknik sesuai dengan system ISO.
6 MO19111 Metrologi Otomotif Mahasiswa memahami alat ukur dan mampu menggunakan macam-macam alat ukur.
7 MO19112 Teknik Pembakaran dan Bahan Bakar Mahasiswa mampu mengidentifikasi macam-macam bahan bakar serta penggunaannya, dan mengetahui macam-macam peralatan pembakaran.
8 MO19117 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Mahasiswa dapat memahami dan menguasai tentang Undang-Undang Tenaga kerja dan Keselamatan kerja.
9 MO19124 Praktek Proses Produksi -
10 MO19139 Pendidikan Kewarganegaraan Mahasiswa mampu memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, sistem kenegaraan RI, berserta perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya. Pemahaman dan penghayatan mengenai wawasan nusantara, Ketahanan Nasional, Strategi nasional, Sistem pertahanan rakyat semesta, untuk mempertebal semangat kebangsaan. Setelah mengikuti kuliah Kewiraan mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menghayati mengenai bela negara dalam arti luas mencakup: Wawasan Nusantara (identitas dan integritas bangsa Indonesia), Ketahanan nasional sebagai konsepsi pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan (konprehensif-integral) di dalam kehidupan nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Politik dan strategi nasional, Politik dan strategi pertahanan keamanan nasional, serta sistem pertahanan keamanan rakyat semesta.
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan