Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Silabus Program Studi D3 Mesin Otomotif


No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 MO19101 Matematika Terapan -
2 MO19102 Fisika Teknik Mahasiswa mengetahui tentang satuan, pengukuran, gerak, hukum newton, kerja, impuls dan momentum.
3 MO19106 Teknologi Bahan Mahasiswa memahami jenis bahan, sifat mekanik dan cara pengujian dari macam-macam bahan teknik. Mahasiswa memahami Memahami sifat fisis, kimiawi dan mekanis suatu logam dan paduannya, sehingga mampu memilih dalam rancang bangun.
4 MO19107 Teknologi Proses Produksi Mahasiswa mengetahui tentang kerja bangku dan perkakas tangan, pengenalan alat ukur dimensi, kerja plat, mesin gerinda, mesin bubut, mesin skrap, mesin frais, dan alat-alat potong.
5 MO19108 Menggambar Teknik Mahasiswa mampu menggambar teknik sesuai dengan system ISO.
6 MO19111 Metrologi Otomotif Mahasiswa memahami alat ukur dan mampu menggunakan macam-macam alat ukur.
7 MO19112 Teknik Pembakaran dan Bahan Bakar Mahasiswa mampu mengidentifikasi macam-macam bahan bakar serta penggunaannya, dan mengetahui macam-macam peralatan pembakaran.
8 MO19117 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Mahasiswa dapat memahami dan menguasai tentang Undang-Undang Tenaga kerja dan Keselamatan kerja.
9 MO19124 Praktek Proses Produksi -
10 MO19139 Pendidikan Kewarganegaraan Mahasiswa mampu memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, sistem kenegaraan RI, berserta perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya. Pemahaman dan penghayatan mengenai wawasan nusantara, Ketahanan Nasional, Strategi nasional, Sistem pertahanan rakyat semesta, untuk mempertebal semangat kebangsaan. Setelah mengikuti kuliah Kewiraan mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menghayati mengenai bela negara dalam arti luas mencakup: Wawasan Nusantara (identitas dan integritas bangsa Indonesia), Ketahanan nasional sebagai konsepsi pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan (konprehensif-integral) di dalam kehidupan nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Politik dan strategi nasional, Politik dan strategi pertahanan keamanan nasional, serta sistem pertahanan keamanan rakyat semesta.
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 MO19203 Mekanika Teknik Mahasiswa mampu memahami tentang prinsip-prinsip hukum newton, prinsip-prinsip dalam menjumlahkan gaya, momen kopel, kesetimbangan pada balok, titik berat, gaya-gaya pada kerangka, dan gaya-gaya pada mesin.
2 MO19204 Termodinamika Teknik -
3 MO19209 Teknologi Motor Pembakaran Dalam -
4 MO19210 Menggambar Mesin dan CAD -
5 MO19213 Sistem Kelistrikan Otomotif -
6 MO19219 Kinematika dan Dinamika Mahasiswa dapat mengetahui perhitungan daya, statik dan dinamaik pada komponen mesi
7 MO19222 Sistem Chasis dan Transmisi -
8 MO19225 Praktek Pembentukan dan Body Repair -
9 MO19226 Praktek Teknologi Kendaraan Ringan -
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 MO19314 Oto Elektronika Mahasiswa memahami konstruksi dasar sistem instrumentasi dan kendali, oto elektronika di bidang teknik mesin otomotif.
2 MO19315 Elemen Mesin 1 Mahasiswa mampu memahami sifat-sifat material pada komponen-komponen mesin serta kejadian-kejadian yang terjadi. Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar/ prinsip perencanaan tentang komponen-komponen otomotif.
3 MO19318 Service Advisor Mahasiswa mampu memahami tentang pengertian service advisor, tugas seorang service advisor, analisa dan penanganan pelanggan, cara menangani complain, dan 5S (seiri, seiton, seiso, seiketsu, dan shitsuke).
4 MO19323 Stabilitas Kendaraan Mahasiswa mampu menjelaskan konsep-konsep sistem kestabilan pada kendaraan
5 MO19327 Praktik Motor Bakar 1 Mahasiswa mampu membongkar, mengukur, menganalisis, memperbaiki serta merakit kembali unit motor bensin.
6 MO19329 Praktik Chasis Mahasiswa mampu membongkar, mengukur, menganalisa, memperbaiki dan merakit kembali unit chasis dan bodi pada berbagai kendaraan.
7 MO19330 Praktik Sistem Penggerak Mahasiswa mampu membongkar, mengukur, menganalisa , memperbaiki dan merakit kembali pada sistem penggerak kendaraan.
8 MO19332 Praktik Sistem AC -
9 MO19341 Kewirausahaan Mahasiswa mampu memahami pentingnya jiwa kewirausahaan, memotivasi diri, mengindera peluang usaha, trik berusaha, menciptakan produk jasa, pemasaran dan membangun kemitraan dalam berwirausaha. Mahasiswa mampu memahami pentingnya jiwa kewirausahaan, memotivasi diri, mengindera peluang usaha, trik berusaha, menciptakan produk jasa, pemasaran dan membangun kemitraan dalam berwirausaha. Memberikan pemahaman dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan agar diperoleh wawasan usaha yang luas berbasis pengetahuan yang telah dimiliki.
10 MO19342 Bahasa Inggris -
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 MO19405 Mekanika Fluida Mahasiswa mampu memahami sistem satuan, persamaan-persamaan serta aliran demensi dan keserupaan.
2 MO19416 Elemen Mesin 2 Mahasiswa mampu memahami sifat-sifat material pada komponen-komponen mesin serta kejadian-kejadian yang terjadi. Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar/ prinsip perencanaan tentang komponen-komponen otomotif.
3 MO19420 Pneumatik dan Hidrolik Mahasiswa dapat mengerti silinder pneumatik, katup pneumatik, penggerak pneumatik, sistem hidrolik, komponen hidrolik, perhitungan hidrolik dan pemeliharaan cairan hidrolik.
4 MO19428 Praktik Motor Bakar 2 -
5 MO19431 Praktek Sistem Kelistrikan Otomotif Mahasiswa mampu membongkar, mengukur, menganalisis serta memperbaiki sistem kelistrikan pada mobil.
6 MO19433 Praktik Oto Elektronika Mahasiswa mampu mengukur, menganalisa, memperbaiki dan merakit kembali pada sistem oto elektronika pada kendaraan.
7 MO19435 Praktek Performa dan Emisi Gas Buang Mahasiswa semester 4 mampu menerapkan pengetahuan termodinamika teknik dan motor pembakaran dalam untuk mengukur dengan teliti performa mesin dan kadar emisi gas buang pada motor bensin dan diesel serta menyajikannya dalam bentuk data yang benar.
8 MO19438 Pendidikan Pancasila -
9 MO19439 Bahasa Indonesia Mahasiswa memahami dan mempraktekkan penulisan ilmiah dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai dengan kaidah yang berlaku. Pemahaman terhadapa penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan bemar dalam berkomunikasi baik dalam bentuk tulis maupun lisan dalam aktifitas formal, khususnya pada aspek-aspek administratif dan ketataniagaan. Setelah mengikuti kuliah tata tulis laporan mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep dasar kalimat bahasa Indonesia, mampu mengutarakan gagasan dengan baik dan benar, dapat mengenali konsep dasar paragraf, unsur paragraf, syarat paragraf dan cara pengembangan paragraf, dapat mengindentifikasi ciri-ciri unsur-unsur dan syarat-syarat penulisan esei sehingga dapat menulis esai yang efektif, dapat menyusun karya ilmiah (makalah & tugas ilmiah yang memenuhi unsur) dan syarat, menyusun proposal kegiatan, baik kegiatan berkaitan dengan akademik maupun non akademik, dapat menyusun laporan administratif, membuat surat sesuai dengan bentuk dan jenis yang berlaku.
10 MO19443 Bahasa Inggris Teknik -
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 MO19534 Praktek Kerja Lapangan (PKL) Memberi bekal pengalaman kerja pada mahasiswa untuk praktek langsung di lapangan atau industri.
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 MO19621 Manajemen Bengkel Mahasiswa dapat mengerti dan menguasai praktek menejemen dalam suatu industri terutama yang berkaitan dengan bengkel di bidang otomotif.
2 MO19636 Tugas Akhir Mahasiswa menerangklan dan mengaplikasikan seluruh pengalaman pendidikan untuk memecahkan permasalahan dalam bidang keahlian tertentu dan menuangkan dalam bentuk penulisan karya ilmiah.
3 MO19637 Pendidikan Agama Mahasiswa mampu mengetahui, memahami, dan menghayati aspek-aspek yang berhubungan dengan makhluk Allah dan meningkatkan keimanan kepada Khalik dan hal-hal ghaib lainnya, melaksanakan ajaran agama dengan baik. Setelah menikuti kuliah Agama Islam diharapkan mahasiswa terbina iman dan taqwanya kepada Allah S.W.T., berbudi pekerti luhur, berfikir filosofis, bersikap toleransi, ikut mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan seni untuk kepentingan bangsa dan negara.
4 MO19640 Etika Profesi Mahasiswa mampu memahami pengertian etika, profesi, dan prefosionalisme, organisasi profesi dan kode profesi. Mahasiswa mampu memahami standar teknik, standar manajemen, peraturan dan regulasi, aspek bisnis dibidang produksi dan design, konsultan engineering, berbagai jenis profesi bidang teknik mesin dan sertifikasi profesi (insinyur professional dan sertifikasi internasional).